Tentang Khamr (3)
6. Khamr yang
telah diharamkan oleh Allah tidak boleh dijual ataupun dihadiahkan.
عَنْ
عَبْدِ
الرَّحْمنِ
بْنِ
وَعْلَةَ
السَّبَإِيّ
مِنْ اَهْلِ
مِصْرَ
اَنَّهُ
سَأَلَ
عَبْدَ اللهِ
بْنَ عَبَّاسٍ
عَمَّا
يُعْصَرُ
مِنَ
الْعِنَبِ. فَقَالَ
ابْنُ
عَبَّاسٍ:
اِنَّ
رَجُلاً اَهْدَى
لِرَسُوْلِ
اللهِ ص
رَاوِيَةَ
خَمْرٍ،
فَقَالَ لَهُ
رَسُوْلُ
اللهِ ص: هَلْ
عَلِمْتَ
اَنَّ اللهَ
قَدْ
حَرَّمَهَا؟
قَالَ: لاَ
فَسَارَّ
اِنْسَانًا.
فَقَالَ لَهُ
رَسُوْلُ
اللهِ ص بِمَ
سَارَرْتَهُ؟
فَقَالَ:
اَمَرْتُهُ بِبَيْعِهَا،
فَقَالَ:
اِنَّ
الَّذِيْ
حَرَّمَ
شُرْبَهَا
حَرَّمَ
بَيْعَهَا.
قَالَ: فَفَتَحَ
الْمَزَادَ
حَتَّى
ذَهَبَ مَا
فِيْهَا.
مسلم 3: 1206
Dari Abdurrahman bin Wa'lah As-Saba`iy dari penduduk
Mesir, bahwa dia pernah bertanya kepada Abdullah bin Abbas tentang perasan
anggur. Ibnu Abbas menjawab, "Suatu ketika seorang laki-laki menghadiahkan
satu wadah berisi khamr kepada Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda kepadanya,
"Belum tahukah kamu bahwa Allah telah mengharamkannya ?". Laki-laki
itu menjawab, "Belum”. Kemudian dia berbisik
kepada orang yang ada di sampingnya. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya,
"Apa yang kamu bisikkan kepadanya ?". Dia menjawab, "Saya
menyuruhnya supaya menjualnya”. Beliau bersabda,
"Sesungguhnya Tuhan yang mengharamkan meminumnya juga mengharamkan
menjualnya”. (Ibnu ‘Abbas) berkata,
"Kemudian laki-laki tersebut membuka wadah khamr itu dan membuang isinya”. [HR. Muslim juz 3, hal.
1206]
عَنْ
اَبِى
هُرَيْرَةَ
اَنَّ
رَجُلاً كَانَ
يُهْدِى
لِلنَّبِيّ ص
رَاوِيَةَ
خَمْرٍ، فَاَهْدَاهَا
اِلَيْهِ
عَامًا وَ
قَدْ حُرّمَتْ،
فَقَالَ
النَّبِيُّ ص:
اِنَّهَا قَدْ
حُرّمَتْ.
فَقَالَ
الرَّجُلُ:
اَفَلاَ اَبِيْعُهَا؟
فَقَالَ:
اِنَّ
الَّذِى
حَرَّمَ
شُرْبَهَا
حَرَّمَ
بَيْعَهَا.
قَالَ:اَفَلاَ
اُكَارِمُ
بِهَا اْليَهُوْدَ؟
قَالَ: اِنَّ
الَّذِى
حَرَّمَهَا حَرَّمَ
اَنْ
يُكَارَمَ
بِهَا
اْليَهُوْدُ. قَالَ:
فَكَيْفَ
اَصْنَعُ
بِهَا؟ قَالَ:
شِنَّهَا
عَلَى
اْلبَطْحَاءِ.
الحميدى فى
مسنده فى نيل
الاوطار 8: 191
Dari Abu Hurairah, bahwasanya pernah ada seorang
laki-laki menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu wadah berisi khamr, ia
menghadiahkannya kepada beliau pada tahun diharamkannya khamr, lalu Nabi SAW
bersabda, "Sesungguhnya khamr telah diharamkan". Lalu orang itu
bertanya, "Bolehkah aku menjualnya ?". Jawab Nabi SAW,
"Sesungguhnya Tuhan yang mengharamkan meminumnya, mengharamkan pula
menjualnya". Orang itu bertanya (lagi), "Apakah tidak boleh aku
pergunakan untuk mengungguli kedermawanan orang Yahudi ?". Nabi SAW
menjawab, "Sesungguhnya Tuhan yang mengharamkannya, mengharamkan pula
untuk dipergunakan mengungguli kedermawanan orang Yahudi". Orang itu
bertanya (lagi), "Lalu aku gunakan untuk apa ?". Nabi SAW bersabda, "Buang
saja di Bathhaa' ".
[HR. Al-Humaidi di dalam musnadnya - dalam Nailul Authar juz 8, hal 191]
عَنْ
اَبِى
سَعِيْدِ
اْلخُدْرِيّ
قَالَ: سَمِعْتُ
رَسُوْلَ
اللهِ ص
يَخْطُبُ
بِاْلمَدِيْنَةِ
قَالَ: ياَ
اَيُّهَا
النَّاسُ، اِنَّ
اللهَ
تَعَالَى
يُعَرّضُ
بِاْلخَمْرِ،
وَ لَعَلَّ
اللهَ سَيُنْزِلُ
فِيْهَا
اَمْرًا،
فَمَنْ كَانَ
عِنْدَهُ
مِنْهَا
شَيْءٌ
فَلْيَبِعْهُ
وَ لْيَنْتَفِعْ
بِهِ، قَالَ:
فَمَا
لَبِثْنَا اِلاَّ
يَسِيْرًا
حَتَّى قَالَ
النَّبِيُّ ص:
اِنَّ اللهَ
تَعَالَى
حَرَّمَ
اْلخَمْرَ، فَمَنْ
اَدْرَكَتْهُ
هذِهِ
اْلآيَةُ وَ
عِنْدَهُ
مِنْهَا
شَيْءٌ فَلاَ
يَشْرَبُ وَ
لاَ يَبِعْ،
قَالَ:
فَاسْتَقْبَلَ
النَّاسُ
بِمَا كَانَ
عِنْدَهُ
مِنْهَا فِى
طَرِيْقِ
اْلمَدِيْنَةِ
فَسَفَكُوْهَا.
مسلم 3: 1205
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy, ia
berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW ketika berkhutbah di Madinah, beliau
bersabda, "Hai para manusia, sesungguhnya Allah Ta’aalaa
menyindir tentang khamr, dan mudah-mudahan Allah akan menurunkan suatu
ketentuan padanya. Oleh karena itu barangsiapa masih mempunyai sedikit dari
padanya, maka hendaklah ia menjualnya dan memanfaatkannya". (Abu Sa'id)
berkata : Maka tidak lama kemudian Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah
Ta’aalaa
telah mengharamkan khamr, maka barangsiapa sampai kepadanya ayat ini [QS.
Al-Maidah : 90], padahal ia masih mempunyai sedikit dari padanya, maka ia tidak
boleh meminumnya, dan jangan menjualnya". (Abu Sa'id) berkata, "Lalu
orang-orang sama menuju ke jalan-jalan di Madinah sambil membawa sisa khamr
yang ada padanya, lalu mereka menuangkannya".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1205]
عَنْ
اَنَسٍ بْنِ
مَالِكٍ
قَالَ: لَعَنَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص فِى
اْلخَمْرِ
عَشَرَةً:
عَاصِرَهَا
وَ
مُعْتَصِرَهَا
وَ شَارِبَهَا
وَ
حَامِلَهَا
وَ
اْلمَحْمُوْلَةَ
اِلَيْهِ وَ
سَاقِيَهَا
وَ
بَائِعَهَا
وَ آكِلَ
ثَمَنِهَا وَ
اْلمُشْتَرِيَ
لَهَا وَ
اْلمُشْتَرَاةَ
لَهُ. الترمذى
2: 380، رقم: 1313
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rasulullah SAW
mela’nat tentang khamr sepuluh
golongan : 1. yang memerasnya, 2. Yang minta diperaskannya, 3. yang meminumnya,
4. yang mengantarkannya, 5. yang minta diantarinya, 6. yang menuangkannya, 7.
yang menjualnya, 8. yang makan harganya, 9. yang membelinya, dan 10. yang minta
dibelikannya".
[HR. Tirmidzi juz 2, hal. 380, no. 1313]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ
ص: لُعِنَتِ
اْلخَمْرُ
عَلَى
عَشَرَةِ اَوْجُهٍ:
بِعَيْنِهَا
وَ
عَاصِرِهَا
وَ مُعْتَصِرِهَا
وَ بَائِعِهَا
وَ
مُبْتَاعِهَا
وَ
حَامِلِهَا وَ
اْلمَحْمُوْلَةِ
اِلَيْهِ وَ
آكِلِ ثَمَنِهَا
وَ
شَارِبِهَا
وَ
سَاقِيْهَا.
ابن ماجه 2: 1121،
رقم: 3380
Dari Ibnu 'Umar ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,
"Telah dila’nat khamr atas sepuluh hal :
1. khamr itu sendiri, 2. pemerasnya, 3. yang minta diperaskannya, 4.
penjualnya, 5. pembelinya, 6. pengantarnya, 7. pemesannya, 8. yang memakan
harganya, 9. peminumnya, dan 10. yang menuangkannya". [HR. Ibnu Majah juz 2, hal.
1121, no. 3380]
7. Nabi SAW
pernah melarang wadah yang biasa digunakan untuk membuat/ menyimpan khamr,
kemudian membolehkannya.
عَنْ
ثُمَامَةَ
بْنِ حَزْنٍ
الْقُشَيْرِيّ
قَالَ:
لَقِيتُ
عَائِشَةَ
فَسَأَلْتُهَا
عَنْ
النَّبِيذِ،
فَحَدَّثَتْنِي
اَنَّ وَفْدَ
عَبْدِ
الْقَيْسِ
قَدِمُوْا
عَلَى النَّبِيّ
ص فَسَأَلُوا
النَّبِيَّ ص
عَنْ
النَّبِيْذِ،
فَنَهَاهُمْ
اَنْ
يَنْتَبِذُوْا
فِى
الدُّبَّاءِ
وَ
النَّقِيْرِ
وَ
اْلمُزَفَّتِ
وَ اْلحَنْتَمِ.
مسلم 3: 1579
Dari Tsumah bin Hazn Al-Qusyairi, ia berkata : Aku
bertemu 'Aisyah, lalu aku bertanya kepadanya tentang membuat minuman, maka
beliau menceritakan kepadaku tentang utusan Abdul Qais yang datang menghadap
Nabi SAW, lalu mereka bertanya kepada beliau tentang (membuat) minuman. Lalu
Nabi SAW melarang mereka membuat minuman di tempat (wadah) dari dubba', naqiir,
muzaffat dan hantam.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1579].
عَنْ
ابْنِ
عَبَّاسٍ
قَالَ: نَهَى
رَسُوْلُ اللهِ
ص عَنْ
الدُّبَّاءِ
وَاْلحَنْتَمِ
وَ
اْلمُزَفَّتِ
وَ
النَّقِيْرِ.
مسلم 3: 1579
Dari
Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW melarang (minum) minuman yang dibuat
pada dubba', hantam, muzaffat dan naqiir". [HR. Muslim juz 3, hal.
1579]
عَنْ
اَبِى
هُرَيْرَةَ
عَنِ
النَّبِيّ ص:
اَنَّهُ
نَهَى عَنِ
الْمُزَفَّتِ
وَ الْحَنْتَمِ
وَ
النَّقِيْرِ،
قَالَ: قِيْلَ
ِلاَبِى
هُرَيْرَةَ:
مَا
الْحَنْتَمُ
؟ قَالَ: اَلْجِرَارُ
الْخُضْرُ.
مسلم 3: 1577
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW, bahwasanya beliau
melarang (membuat minuman pada) muzaffat, pada hantam dan pada naqiir. (Perawi)
berkata : Abu Hurairah ditanya, "Apa Hantam itu ?". Ia menjawab,
"Guci yang hijau".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1577].
عَنْ
اَبِى
سَعِيْدِ
اْلخُدْرِيّ
اَنَّ وَفْدَ
عَبْدِ
الْقَيْسِ
لَمَّا
اَتَوْا نَبِيَّ
اللهِ ص
قَالُوْا: يَا
نَبِيَّ
اللهِ، جَعَلَنَا
اللهُ
فِدَاءَكَ
مَاذَا
يَصْلُحُ
لَنَا مِنَ
اْلاَشْرِبَةِ
؟ فَقَالَ:
لاَ تَشْرَبُوْا
فِى
النَّقِيْرِ،
قَالُوْا: يَا
نَبِيَّ اللهِ،
جَعَلَنَا
اللهُ
فِدَاءَكَ،
اَوَ تَدْرِى
مَا
النَّقِيْرُ؟
قَالَ:
نَعَمْ، اَلْجِذْعُ
يُنْقَرُ
وَسَطُهُ، وَ
لاَ فِى الدُّبَّاءِ،
وَ لاَ فِى
الْحَنْتَمَةِ،
وَ عَلَيْكُمْ
بِالْمُوْكَى.
مسلم 1: 50
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy, bahwasanya tamu utusan Abdul
Qais ketika datang kepada Nabiyyallah SAW, mereka bertanya, "Ya
Nabiyyallah, semoga Allah menjadikan kami tebusanmu, apa yang boleh bagi kami
dari berbagai minuman ? Nabi SAW menjawab, "Janganlah kalian minum di
wadah naqiir". Lalu mereka bertanya, "Ya Nabiyyallah, semoga Allah
menjadikan kami tebusanmu. Apakah engkau tahu apa naqiir itu ?" Nabi
menjawab, "Ya, batang kurma yang dilubangi pada tengah-tengahnya. Jangan
kalian (minum) pada dubba', jangan (pula) pada guci, dan hendaklah kalian
(minum) dari wadah yang diikat (tertutup)". [HR. Muslim juz 1, hal. 50]
عَنْ
زَاذَانَ
قَالَ: قُلْتُ
ِلابْنِ
عُمَرَ:
حَدّثْنِى
بِمَا نَهَى
عَنْهُ
النَّبِيُّ ص
مِنَ
اْلاَشْرِبَةِ
بِلُغَتِكَ
وَ فَسّرْهُ
لِى
بِلُغَتِنَا.
فَاِنَّ
لَكُمْ لُغَةً
سِوَى
لُغَتِنَا.
فَقَالَ:
نَهَى رَسُوْلُ
اللهِ ص عَنِ
اْلحَنْتَمِ،
وَ هِيَ اْلجَرَّةُ،
وَ عَنِ
الدُّبَّاءِ
وَ هِيَ اْلقَرْعَةُ،
وَ عَنِ
اْلمُزَفَّتِ
وَ هُوَ اْلمُقَيَّرُ
وَ عَنِ
النَّقِيْرِ،
وَ هِيَ النَّخْلَةُ
تُنْسَحُ
نَسْحًا، وَ
تُنْقَرُ نَقْرًا
وَ اَمَرَ
اَنْ
يُنْتَبَذَ
فِى اْلاَسْقِيَةِ.
مسلم 3: 1583
Dari
Zadzan, ia berkata : Aku berkata kepada Ibnu Umar, “Ceritakanlah kepadaku dari
minuman yang dilarang oleh Nabi SAW dengan bahasamu dan terangkanlah kepadaku
dengan bahasa kami, karena kalian mempunyai bahasa yang berbeda dengan dengan
bahasa kami. Lalu (Ibnu ‘Umar) berkata,
"Rasulullah SAW melarang (minuman pada) hantam, yaitu guci, dan beliau
melarang dari dubba' yaitu labu (waloh yang dihilangkan isinya), melarang minum
pada muzaffat, yaitu wadah yang diberi teer, melarang (minuman pada) naqiir,
yaitu batang kurma yang dilubangi dan dikerat, dan (Nabi SAW) menyuruh membuat
minuman pada tempat-tempat minuman yang biasa. [HR. Muslim juz 3, hal. 1583].
عَنِ
ابْنِ
بُرَيْدَةَ
عَنْ
اَبِيْهِ
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص
كُنْتُ
نَهَيْتُكُمْ
عَنِ
اْلاَشْرِبَةِ
فِى ظُرُوْفِ
اْلاَدَمِ، فَاشْرَبُوْا
فِى كُلّ
وِعَاءٍ
غَيْرَ اَنْ
لاَ
تَشْرَبُوْا
مُسْكِرًا.
مسلم 3: 1585
Dari Ibnu Buraidah, dari ayahnya, ia berkata: Rasulullah
SAW bersabda, "Dahulu aku pernah melarang kalian dari minuman melainkan
yang di wadah-wadah kulit yang disamak. Sekarang minumlah (minuman) di semua
wadah minuman, tapi jangan kalian minum (minuman yang) memabukkan". [HR. Muslim juz 3, hal.
1585]
عَنِ
ابْنِ
بُرَيْدَةَ
عَنْ
اَبِيْهِ
اَنَّ
رَسُوْلَ
اللهِ ص
قَالَ:
نَهَيْتُكُمْ
عَنِ الظُّرُوْفِ
وَ اِنَّ
الظُرُوْفَ
اَوْ ظَرْفًا
لاَ يُحِلُّ
شَيْئًا وَ
لاَ
يُحَرّمُهُ، وَ
كُلُّ
مُسْكِرٍ
حَرَامٌ.
مسلم 3: 1585
Dari Ibnu Buraidah, dari ayahnya, bahwasanya Rasulullah
SAW bersabda, "Aku pernah melarang kalian dari wadah-wadah (minuman), namun
(ketahuilah) sesungguhnya wadah (itu sendiri) tidak bisa menghalalkan sesuatu
dan mengharamkannya, dan setiap minuman yang memabukkan itulah yang haram". [HR. Muslim juz 3, hal.
1585].
عَنِ
ابْنِ
بُرَيْدَةَ
عَنْ
اَبِيْهِ
عَنِ النَّبِيّ
ص قَالَ:
كُنْتُ
نَهَيْتُكُمْ
عَنِ
اْلاَوْعِيَةِ
فَانْتَبِذُوْا
فِيْهِ وَ
اجْتَنِبُوْا
كُلَّ مُسْكِرٍ.
ابن ماجه 2: 1127،
رقم: 3405
Dari Ibnu Buraidah, dari ayahnya, dari Nabi SAW, beliau
bersabda, “Dahulu aku melarang kalian
dari beberapa wadhah minuman, maka sekarang buatlah minuman padanya, tetapi
jauhilah setiap minuman yang memabukkan". [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1127, no. 3405].
Keterangan :
Dubba' ialah labu (waloh) yang dihilangkan isinya. Hantam
atau jarrah ialah guci (hijau). Naqiir ialah batang (glugu) kurma dilubangi
tengahnya, dan muzaffat atau muqayyar ialah wadah yang diberi teer atau yang
diberi cat.
Wadah-wadah tersebut pada waktu itu biasa digunakan
membuat/menyimpan minuman keras. Oleh karena itu beliau melarangnya menggunakan
wadah-wadah tersebut.
Tetapi setelah orang-orang mengetahui dengan jelas
tentang haramnya khamr, maka beliau membolehkan minum pada wadah apa saja,
asalkan bukan minum minuman yang memabukkan.
0 komentar:
Posting Komentar