Qurban
1. Pengertian
Qurban
Qurban berasal
dari bahasa Arab :
قَرُبَ
- يَقْرُبُ -
قُرْبًا وَ
قُرْبَانًا
وَ
قِرْبَانًا.
المنجد
Artinya : "Mendekat/pendekatan".
Adapun pengertian
Qurban menurut agama yaitu, "Usaha pendekatan diri dari seorang hamba
kepada Penciptanya dengan jalan menyembelih binatang ternak dan dilaksanakan
dengan tuntunan, dalam rangka mencari ridla-Nya".
Firman Allah SWT :
لَنْ
يَّنَالَ
اللهَ لُحُوْمُهَا
وَلاَ
دِمَآؤُهَا
وَلكِنْ يَّنَالُهُ
التَّقْوى
مِنْكُمْ،
كَذلِكَ سَخَّرَهَا
لَكُمْ
لِتُكَبّرُوا
اللهَ عَلى مَا
هَديكُمْ، وَ
بَشّرِ
اْلمُحْسِنِيْنَ.
الحج: 37
Daging-daging unta
itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridlaan) Allah dan tidak (pula)
darahnya, tetapi taqwa dari pada kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah
Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah atas
hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang
berbuat baik. [QS. Al-Hajj : 37]
2. Hukum dan
keutamaan Qurban
Menyembelih qurban
pada hari raya 'Iedul Adlha dan hari Tasyriq (tanggal 10, 11, 12 dan 13
Dzulhijjah) ini, hukumnya adalah Sunnah Muakkadah.
Adapun tentang
keutamaan qurban, banyak diterangkan di dalam hadits-hadits dla’if, antara lain hadits-hadits tersebut sebagai
berikut :
مَا عَمِلَ
ابْنُ ادَمَ
يَوْمَ
النَّحْرِ عَمَلاً
اَحَبَّ
اِلَى اللهِ
عَزَّ وَ
جَلَّ مِنْ
هِرَاقَةِ
دَمٍ وَ
اِنَّهُ
لَيَأْتِى يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ
بِقُرُوْنِهَا
وَ اَظْلاَفِهَا
وَ
اَشْعَارِهَا
وَ اِنَّ الدَّمَ
لَيَقَعُ
مِنَ اللهِ
عَزَّ وَ جَلَّ
بِمَكَانٍ
قَبْلَ اَنْ
يَقَعَ عَلَى
اْلاَرْضِ
فَطِيْبُوْا
بِهَا
نَفْسًا. ابن
ماجه 2: 1045، ضعيف،
لانه فى
اسناده ابو
المثنى و اسمه
سليمان بن
يزيد
Tidak ada amal
anak Adam pada hari Nahr ('Iedul Adlha) yang paling disukai Allah ‘Azza wa Jalla selain daripada menyembelih
qurban, qurban itu akan datang kepada orang-orang yang melakukannya pada hari
qiyamat seperti semula, yaitu lengkap dengan anggotanya, tanduk, kuku dan
bulunya. Darah qurban itu lebih dahulu jatuh ke suatu tempat yang disediakan
Allah ‘Azza wa Jalla sebelum jatuh ke atas tanah.
Oleh sebab itu, berqurbanlah kalian dengan senang hati. [HR. Ibnu Majah
juz 2, hal. 1045, dlaif, karena dalam sanadnya ada perawi bernama Abul
Mutsanna, yang nama aslinya Sulaiman bin Yazid]
عَنْ
زَيْدِ بْنِ
اَرْقَمَ
قَالَ: قَالَ
اَصْحَابُ
رَسُوْلِ
اللهِ ص: يَا
رَسُوْلَ
اللهِ، مَا
هذِهِ
اْلاَضَاحِيُّ؟
قَالَ: سُنَّةُ
اَبِيْكُمْ
اِبْرَاهِيْمَ.
قَالُوْا: فَمَا
لَنَا
فِيْهَا يَا
رَسُوْلَ
اللهِ؟ قَالَ:
بِكُلّ
شَعَرَةٍ
حَسَنَةٌ.
قَالُوْا:
فَالصُّوْفُ
يَا رَسُوْلَ
اللهِ؟ قَالَ:
بِكُلّ
شَعَرَةٍ
مِنَ
الصُّوْفِ
حَسَنَةٌ. ابن
ماجه 2: 1045، ضعيف
لانه فى
اسناده ابو
داود و اسمه
نفيع بن
الحارث و عائذ
الله
Dari Zaid bin
Arqam, ia berkata : Para shahabat Rasulullah SAW bertanya, "Ya Rasulullah,
apakah udlhiyah itu ?". Jawab Nabi SAW, "Itulah sunnah ayahmu,
Ibrahim". Mereka bertanya, "Apa yang kita peroleh dari udlhiyah itu,
ya Rasulullah ?". Jawab beliau, "Pada tiap-tiap helai bulunya kita
peroleh satu kebaikan. Lalu para shahabat bertanya, “Bagaimana dengan bulu domba, ya Rasulullah
?". Beliau SAW bersabda, “Pada tiap-tiap
helai bulu domba kita peroleh satu kebaikan”. [HR. Ibnu Majah 2 : 1045, dlaif, karena
dalam sanadnya ada perawi bernama Abu Dawud yang nama aslinya Nufai’ bin Al-Harits dan ‘Aaidzullah].
عَنْ اَبِى
هُرَيْرَةَ
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص: مَنْ
وَجَدَ
سَعَةً
فَلَمْ يُضَحّ
فَلاَ
يَقْرَبَنَّ
مُصَلاَّناَ.
احمد 3: 207، رقم: 8280
Dari Abu Hurairah,
ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mempunyai
kemampuan untuk berqurban tetapi tidak mau melaksanakannya, maka janganlah ia
dekat-dekat ke tempat shalat kami”. [HR. Ahmad juz
3, hal. 207, no. 8280].
عَنْ اَبِى
هُرَيْرَةَ
اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ
ص قَالَ: مَنْ
كَانَ لَهُ
سَعَةٌ وَ
لَمْ يُضَحّ
فَلاَ
يَقْرَبَنَّ
مُصَلاَّنَا.
ابن ماجه 2: 1044،
رقم: 3123
Dari Abu Hurairah,
bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang
mempunyai kelapangan rezqi, tetapi tidak berqurban, maka janganlah mendekati
tempat shalat kami”. [HR. Ibnu Majah
juz 2, hal. 1044, no. 3123, dla’if karena dalam
sanadnya ada perawi bernama ‘Abdullah bin ‘Ayyaasy]
Keterangan :
Hadits riwayat
Ahmad dan Ibnu Majah di atas dla’if, karena di
dalam sanadnya ada perawi bernama ‘Abdullah bin ‘Ayyaasy. Abu Dawud dan Nasaaiy berkata, “Ia dla’if”. Ibnu Yunus berkata, “Ia munkarul hadits”. [Lihat Tahdzibut
Tahdzib juz 5, hal. 307]
3. Tata cara
Qurban
1. Waktu
penyembelihan :
عَنْ اَنَسٍ
قَالَ: قَالَ
النَّبِيُّ ص
يَوْمَ
النَّحْرِ
مَنْ كَانَ
ذَبَحَ
قَبْلَ الصَّلاَةِ
فَلْيُعِدْ.
متفق عليه.
وللبخارى.
مَنْ ذَبَحَ
قَبْلَ
الصَّلاَةِ
فَاِنَّمَا
يَذْبَحُ
لِنَفْسِهِ.
وَ مَنْ
ذَبَحَ بَعْدَ
الصَّلاَةِ
فَقَدْ تَمَّ
نُسُكُهُ وَ
اَصَابَ
سُنَّةَ
اْلمُسْلِمِيْنَ.
البخارى عن
البراء، فى
نيل الاوطار 5: 140
Dari Anas, ia
berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Nahr ('iedul Adlha), "Barangsiapa
yang menyembelih sebelum shalat 'ied, maka hendaklah ia mengulangi". [Muttafaq 'alaih].
Dan bagi Bukhari : "Barangsiapa menyembelih sebelum shalat, maka
sesungguhnya ia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri (yakni tidak dinilai
sebagai ibadah qurban), dan barangsiapa menyembelih sesudah shalat maka
sempurnalah ibadah sembelihannya dan bersesuaianlah pelaksanaannya dengan
sunnah kaum muslimin". [HR. Bukhari dari Al-Baraa', dalam Nailul
Authar juz 5, hal. 140]
Berdasar riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa dari
Jubair Ibnu Muth'im bahwa Nabi SAW bersabda :
كُلُّ
اَيَّامِ
التَّشْرِيْقِ
ذَبْحٌ. احمد 5:
618، رقم: 16751
Setiap hari
Tasyriq itu adalah hari menyembelih. [HR.Ahmad juz 5, hal. 618, no. 16751]
Dan riwayat lain dari Ali RA yang semakna dengan
yang tersebut diatas sebagai berikut :
اَيَّامُ
النَّحْرِ
يَوْمُ
اْلاَضْحَى
وَ ثَلاَثَةُ
اَيَّامٍ
بَعْدَهُ. فى
نيل الاوطار 5: 142
Hari menyembelih
itu ialah Hari Raya 'Iedul Adlha dan tiga hari sesudahnya. [Dalam Nailul
Authar juz 5, hal. 142]
Dari hadits-hadits tersebut
dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang sah untuk ibadah qurban adalah :
"Sesudah shalat 'Ied hingga akhir hari Tasyriq (tanggal 10, 11, 12 dan 13
Dzulhijjah)".
Adapun waktu pelaksanaan shalat 'Iedul Adlha,
sebagaimana sabda Nabi SAW :
قَالَ
جُنْدَبٌ،
كَانَ
النَّبِيُّ ص
يُصَلّى
بِنَا يَوْمَ
اْلفِطْرِ وَ
الشَّمْسُ عَلَى
قَيْدِ
رُمْحَيْنِ
وَ
اْلاَضْحَى
عَلَى قَيْدِ
رُمْحٍ. احمد
بن حسن
Telah berkata
Jundab, "Adalah Nabi SAW shalat 'Iedul Fithri bersama kami, sedang
matahari tingginya kadar dua batang tombak, dan (beliau shalat) 'Iedul Adlha
(diwaktu matahari) tingginya kadar satu batang tombak". [HR. Ahmad bin
Hasan, dalam Nailul Authar]
Inilah waktu-waktu
yang dituntunkan untuk melaksanakan ibadah qurban, sedang bila melaksanakan
pada hari itu, namun sebelum selesai shalat 'Iedul Adlha tersebut, maka yang
demikian ini dinilai sebagai sedekah biasa dan tidak dinilai sebagai ibadah
qurban.
2. Adab dan bacaan ketika menyembelih
عَنْ
اَنَسٍ قَالَ:
ضَحَّى
رَسُوْلُ
اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ
اَمْلَحَيْنِ
اَقْرَنَيْنِ.
قَالَ: وَرَأَيْتُهُ
يَذْبَحُهُمَا
بِيَدِهِ وَ
رَأَيْتُهُ
وَاضِعًا
قَدَمَهُ
عَلَى
صِفَاحِهِمَا،
قَالَ: وَ
سَمَّى وَ
كَبَّرَ. مسلم
3: 1557
Berkata Anas,
"Rasulullah SAW telah menyembelih qurban dengan dua ekor kibasy yang bagus
dan bertanduk". Ia (Anas) berkata, "Saya melihat beliau menyembelih
keduanya dengan tangan beliau sendiri. Dan saya lihat beliau meletakkan kaki
beliau diatas lambung/batang leher binatang itu”. Ia (Anas) berkata, "Beliau membaca
Basmalah dan bertakbir : Bismillaahi walloohu Akbar. (Dengan nama Allah,
dan Allah Maha Besar)". [HR. Muslim juz 3, hal. 1557].
عَنْ
جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللهِ
قَالَ: شَهِدْتُ
مَعَ
رَسُوْلِ
اللهِ ص
اْلاَضْحَى
بِاْلمُصَلَّى.
فَلَمَّا
قَضَى
خُطْبَتَهُ
نَزَلَ مِنْ
مِنْبَرِهِ
وَ اُتِيَ بِكَبْشٍ
فَذَبَحَهُ
رَسُوْلُ
اللهِ ص بِيَدِهِ
وَ قَالَ:
بِسْمِ اللهِ
وَ اللهُ
اَكْبَرُ،
هذَا عَنّى وَ
عَمَّنْ لَمْ
يُضَحّ مِنْ
اُمَّتِى. ابو
داود 3: 99، رقم:2810
Dari Jabir bin
Abdullah, ia berkata : Aku shalat ‘Iedul Adlha
bersama Rasulullah SAW di mushalla. Setelah beliau selesai berkhutbah, lalu
turun dari mimbar, maka didatangkan seekor kibasy, lalu beliau menyembelihnya
dengan tangan beliau, dan beliau mengucapkan, “Bismillaahi walloohu Akbar, haadzaa ‘annii wa ‘amman lam yudlohhi min ummatii (Dengan nama
Allah dan Allah Maha Besar. (Qurban) ini dariku dan dari ummatku yang tidak
berqurban)”. [HR. Abu Dawud
juz 3, hal. 99, no. 2810]
عَنْ
عَائِشَةَ
اَنَّ
رَسُوْلَ
اللهِ ص اَمَرَ
بِكَبْشٍ
اَقْرَنَ
يَطَأُ فِى
سَوَادٍ وَ
يَبْرُكُ فِى
سَوَادٍ وَ
يَنْظُرُ فِى سَوَادٍ.
فَاُتِيَ
بِهِ
لِيُضَحّيَ
بِهِ، فَقَالَ
لَهَا: يَا
عَائِشَةُ،
هَلُمّى اْلمُدْيَةَ.
ثُمَّ قَالَ:
اِشْحَذِيْهَا
بِحَجَرٍ.
فَفَعَلَتْ.
ثُمَّ
اَخَذَهَا وَ
اَخَذَ اْلكَبْشَ
فَاَضْجَعَهُ
ثُمَّ
ذَبَحَهُ. ثُمَّ
قَالَ:
بِاسْمِ
اللهِ
اَللّهُمَّ
تَقَبَّلْ
مِنْ
مُحَمَّدٍ وَ
آلِ
مُحَمَّدٍ وَ
مِنْ اُمَّةِ
مُحَمَّدٍ.
ثُمَّ ضَحَّى
بِهِ. مسلم 3: 1557
Dari ‘Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW menyuruh
mengambilkan kambing yang bertanduk, hitam kakinya, hitam perutnya, hitam
sekeliling matanya. Lalu kambing itu didatangkan untuk disembelih. Maka beliau
SAW bersabda, “Hai ‘Aisyah, ambilkanlah pisau”. Beliau bersabda lagi, “Asahlah pisau itu dengan batu”. Kemudian ‘Aisyah melaksanakannya. Kemudian beliau
mengambil pisau dan kambing tersebut, lalu membaringkannya untuk menyembelihnya.
Beliau membaca, “Bismillaahi
Alloohumma taqobbal min Muhammadin wa aali Muhammadin wa min ummati Muhammadin (Dengan nama
Allah, ya Allah, terimalah dari Muhammad, keluarga Muhammad dan dari ummat
Muhammad)”. Kemudian beliau menyembelihnya. [HR. Muslim juz
3, hal. 1557]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللهِ
قَالَ: ضَحَّى
رَسُوْلُ
اللهِ ص
يَوْمَ
عِيْدٍ
بِكَبْشَيْنِ،
فَقَالَ
حِيْنَ
وَجَّهَهُمَا:
اِنّيْ
وَجَّهْتُ
وَجْهِيَ
لِلَّذِيْ
فَطَرَ السَّموَاتِ
وَ اْلاَرْضَ
حَنِيْفًا
وَّ مَآ اَنَا
مِنَ
اْلمُشْرِكِيْنَ.
اِنَّ
صَلاَتِيْ وَ
نُسُكِيْ وَ
مَحْيَايَ وَ
مَمَاتِيْ
ِللهِ رَبّ
اْلعَالَمِيْنَ،
لاَ شَرِيْكَ
لَهُ وَ
بِذلِكَ
اُمِرْتُ وَ اَنَا
اَوَّلُ
اْلمُسْلِمِيْنَ.
اَللّهُمَّ
مِنْكَ وَ
لَكَ عَنْ
مُحَمَّدٍ وَ
اُمَّتِهِ. ابن ماجه 2: 1043،
رقم: 3121
Dari Jabir bin 'Abdullah,
ia berkata : Pada hari 'Iedul Adlha Rasulullah SAW berqurban dengan dua ekor
kambing, maka ketika melaksanakan itu beliau berdoa Innii wajjahtu wajhiya
lilladzii fathoros samaawaati wal ardlo haniifaw wa maa ana minal musyrikiin.
Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin.
Laa syariika lahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimiin. Alloohumma
minka wa laka 'an Muhammadin wa ummatihi (Sesungguhnya aku menghadapkan
diriku kepada Tuhan Yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada
agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik.
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan
semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan
kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada
Allah). Ya Allah, (semua ini) dari Engkau dan untuk Engkau, dari Muhammad dan
ummatnya). [HR. Ibnu Majah, juz 2, hal. 1043, no. 3121]
عَنْ
شَدَّادِ
بْنِ اَوْسٍ
قَالَ:
ثِنْتَانِ
حَفِظْتُهُمَا
مِنْ
رَسُوْلِ
اللهِ ص.
قَالَ: اِنَّ
اللهَ كَتَبَ
اْلاِحْسَانَ
عَلَى كُلّ شَيْءٍ.
فَاِذَا
قَتَلْتُمْ
فَاَحْسِنُوا
اْلقِتْلَةَ
وَ اِذَا
ذَبَحْتُمْ
فَاَحْسِنُوا
الذَّبْحَ وَ
لْيُحِدَّ
اَحَدُكُمْ
شَفْرَتَهُ
فَلْيُرِحْ
ذَبِيْحَتَهُ.
مسلم 3: 1548
Dari Syaddad bin
Aus, ia berkata : Dua hal yang aku hafal dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik
pada segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan baik. Dan
apabila kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik, hendaklah salah seorang
diantara kalian menajamkan pisaunya, dan mudahkanlah penyembelihannya”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1548]
3. Syarat-syarat
binatang qurban
a). Binatang yang diperuntukkan qurban sepanjang
tuntunan Rasulullah SAW adalah : Unta, lembu, dan kambing. Dan kadar
masing-masing berdasar dhahir hadits/riwayat :
* 1 ekor kambing
untuk seorang bersama ahli rumahnya.
* 1 ekor lembu untuk 7
orang beserta ahli rumahnya.
* 1 ekor
unta untuk 7 - 10 orang dan ahli rumahnya.
عَنْ
عَطَاءِ بْنِ
يَسَارٍ
قَالَ:
سَأَلْتُ
اَبَا
اَيُّوْبَ
اْلاَنْصَارِيَّ:
كَيْفَ
كَانَتِ
الضَّحَايَا
فِيْكُمْ
عَلَى عَهْدِ
رَسُوْلِ
اللهِ ص؟ قَالَ:
كَانَ
الرَّجُلُ
فِى عَهْدِ
النَّبِيّ ص
يُضَحّى
بِالشَّاةِ
عَنْهُ وَ
عَنْ اَهْلِ
بَيْتِهِ.
فَيَأْكُلُوْنَ
وَ يُطْعِمُوْنَ
حَتَّى
تَبَاهَى
النَّاسُ
فَصَارَ
كَمَا تَرَى. ابن ماجه و
الترمذى و
صححه، فى نيل
الاوطار 5: 136
Dari 'Atha' bin
Yasar dia berkata : Saya bertanya kepada Abu Ayyub Al-Anshariy,
"Bagaimanakah udlhiyah yang dilakukan di masa Rasulullah SAW ?".
Jawabnya, "Seorang laki-laki di zaman Rasulullah SAW menyembelih seekor
kambing untuknya dan untuk ahli baitnya (rumah tangganya), lalu mereka makan
dagingnya itu dan memberi makan kepada orang lain, sehingga manusia
bermegah-megah dengan qurban itu sehingga menjadi seperti yang engkau saksikan
sekarang ini". [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, dan ia menshahihkannya, dalam Nailul
Authar juz 5, hal. 136].
عَنْ
جَابِرٍ:
نَحَرْنَا
مَعَ
رَسُوْلِ اللهِ
ص عَامَ
اْلحُدَيْبِيَّةِ
اْلبَدَنَةَ عَنْ
سَبْعَةٍ وَ
اْلبَقَرَةَ
عَنْ سَبْعَةٍ.
مسلم
Dari Jabir, “Kami telah menyembelih qurban bersama
Rasulullah SAW pada tahun Hudaibiyah, seekor unta untuk 7 orang dan seekor
lembu untuk 7 orang". [HR Muslim].
عَنِ
ابْنِ
عَبَّاسٍ
قَالَ: كُنَّا
مَعَ النَّبِيّ
ص فِى سَفَرٍ
فَحَضَرَ
اْلاَضْحَى فَذَبَحْنَا
اْلبَقَرَةَ
عَنْ
سَبْعَةٍ وَ
اْلبَعِيْرَ
عَنْ
عَشْرَةٍ. الخمسة الا
ابا داود
Dari Ibnu Abbas,
ia berkata, "Dulu kami pergi bersama Rasulullah SAW, lalu tiba Hari Raya
'Iedul Adlha, maka kami menyembelih qurban seekor lembu untuk tujuh orang dan
seekor unta (ba'ir) untuk sepuluh orang". [HR. Khamsah, kecuali Abu Dawud].
عَنْ اَبِى
رَافِعٍ رض
قَالَ: ضَحَّى
رَسُوْلُ
اللهِ ص
بِكَبْشَيْنِ
اَمْلَحَيْنِ
مَوْجُوْءَيْنِ
خَصِيَّيْنِ.
احمد فى نيل
الاوطار 5: 135
Dari Abu Rafi’ RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah berqurban dua ekor
kambing kibasy yang bagus yang dikebiri”. [HR. Ahmad,
dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135]
عَنْ
عَائِشَةَ رض
قَالَتْ:
ضَحَّى
رَسُوْلُ
اللهِ ص
بِكَبْشَيْنِ
سَمِيْنَيْنِ
عَظِيْمَيْنِ
اَقْرَنَيْنِ
مَوْجُوْءَيْنِ. احمد، فى نيل
الاوطار 5: 135
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyembelih
qurban dengan dua kambing kibasy yang gemuk, besar, bertanduk yang dikebiri.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135]
عَنِ
ابْنِ
عَبَّاسٍ
قَالَ:
قَلَّتِ
اْلاِبِلُ
عَلَى عَهْدِ
رَسُوْلِ
اللهِ ص
فَاَمَرَهُمْ
اَنْ
يَنْحَرُوا
اْلبَقَرَ.
ابن ماجه 2: 1047،
رقم: 3134
Dari Ibnu 'Abbas,
ia berkata : Pernah terjadi pada jaman Rasulullah SAW (jumlah) unta sedikit,
maka beliau menyuruh para shahabat berqurban dengan lembu. [HR. Ibnu Majah
juz 2, hal. 1047, no. 3134]
Catatan :
Masing-masing
orang yang turut andil dalam qurban dengan unta/lembu tidak harus sama biaya
yang dikeluarkannya, yang penting seekor lembu untuk tujuh orang dan seekor
unta digunakan untuk 7-10 orang. Adapun tentang qurban urunan kambing yang
biasa dilakukan disekolah-sekolah/kantor, sampai kini kami masih berpendapat :
Bahwa hal itu tidak dapat dianggap sebagai ibadah qurban, melainkan tetap
sebagai latihan qurban, yang pahalanya adalah sedekah biasa.
b). Tidak sah
berqurban dengan binatang yang :
1. Rusak matanya (buta, juling/kero) sebelah
atau kedua-duanya.
2. Terlalu kurus, tak bergajih/terlalu tua
tak bersumsum lagi atau patah tanduk/putus telinganya.
3. Sakit.
4. Pincang.
Sebagaimana hadits di bawah ini
:
عَنِ
اْلبَرَاءِ
بْنِ عَازِبٍ
رض قَالَ:
قَامَ فِيْنَا
رَسُوْلُ
اللهِ ص
فَقَالَ:
اَرْبَعٌ لاَ
تَجُوْزُ فِى
الضَّحَايَا.
اَلْعَوْرَاءُ
اْلبَيّنُ
عَوَرُهَا،
وَ
اْلمَرِيْضَةُ
اْلبَيّنُ
مَرَضُهَا،
وَ
اْلعَرْجَاءُ
اْلبَيّنُ
ضَلَعُهَا وَ
اْلكَبِيْرَةُ
الَّتِى لاَ
تُنْقِى.
الخمسة و
صححه الترمذى
و ابن حبان،
فى بلوغ
المرام
Dari Baraa' bin
'Azib RA, ia berkata : Nabi SAW berdiri diantara kami dan bersabda, "Empat
macam yang tidak boleh pada binatang qurban, yaitu: 1. Buta sebelah yang nyata
butanya. 2. Yang sakit nyata sakitnya, 3. Yang pincang yang nyata pincangnya,
dan 4. Yang tua yang tidak mempunyai sumsum". [HR. Khomsah,
dan disahkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dalam Bulughul Maram].
عَنْ
عَلِيّ رض
قَالَ:
اَمَرَنَا
رَسُوْلُ اللهِ
ص اَنْ
نَسْتَشْرِفَ
اْلعَيْنَ وَ اْلاُذُنَ
وَ اَنْ لاَ
نُضَحّيَ
بِمُقَابَلَةٍ
وَ لاَ
مُدَابَرَةٍ
وَ لاَ
شَرْقَاءَ وَ
لاَ
خَرْقَاءَ. الخمسة و
صححه
الترمذى، فى
نيل الاوطار 5: 133
Dari ‘Ali RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyuruh
kepada kami supaya memeriksa mata dan telinga, dan supaya kami tidak berqurban
dengan binatang yang telinganya sobek dari bagian muka, yang telinganya sobek
dari bagian belakang, yang telinganya sobek dari ujungnya, dan yang berlubang
di tengahnya”. [HR. Khomsah,
dan dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 133]
عَنْ
عَلِيّ رض
قَالَ: نَهَى
رَسُوْلُ
اللهِ ص اَنْ
يُضَحَّى
بِاَعْضَبِ
اْلقَرْنِ وَ
اْلاُذُنِ.
الخمسة وصححه
الترمذى، فى
نيل الاوطار 5: 131
Dari Ali RA, ia
berkata, "Rasulullah SAW melarang berqurban dengan binatang yang tanduknya
atau telinganya hilang separo atau lebih". [HR. Khamsah,
disahkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 131].
c). Keadaan masing-masing binatang qurban itu telah
Musinnah (giginya telah berganti/powel). Dan hal ini terjadi pada :
Kambing
yang berumur 1 tahun masuk tahun ke 2, lembu yang berumur 2 tahun masuk tahun
ke 3 dan unta yang berumur 5 tahun masuk tahun ke 6. Kecuali bila terpaksa
sekali, maka bolehlah berqurban dengan kambing yang jadza'ah (berumur cukup 1
tahun). Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir sebagai
beriktut :
عَنْ
جَابِرٍ
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص لاَ
تَذْبَحُوْا
اِلاَّ
مُسِنَّةً
اِلاَّ اَنْ
يَعْسُرَ
عَلَيْكُمْ
فَتَذْبَحُوْا
جَذَعَةً
مِنَ
الضَّأْنِ.
مسلم 3: 1555
Dari Jabir, ia
berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu menyembelih untuk
qurban melainkan yang Musinnah (telah berganti gigi) kecuali jika sukar
didapati, maka boleh kamu menyembelih jadza'ah (yang berumur 1 tahun) dari
kambing”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1555].
4. Pembagian
daging Udlhiyah
Pembagian daging udlhiyah itu ialah sebagian untuk
yang berqurban, sebagian untuk dihadiahkan, dan sebagian diberikan kepada faqir
miskin. Ibnu Abbas ketika menerangkan sifat Nabi SAW ketika berqurban sebagai
berikut :
وَ
يُطْعِمُ
اَهْلَ
بَيْتِهِ
الثُّلُثَ وَ
يُطْعِمُ
فُقَرَاءَ
جِيْرَانِهِ
الثُّلُثَ وَ
يَتَصَدَّقُ
عَلَى
السُّؤَالِ بِالثُّلُثِ.
المغنى 3: 582
Dan beliau
(Rasulullah SAW) memberi makan ahlul baitnya sepertiga, memberi makan
orang-orang faqir tetangganya sepertiga, dan beliau mensedekahkan kepada para
peminta sepertiga. [Al-Mughni 3 : 582].
5.
Daging Udlhiyah tidak boleh diberikan sebagai upah
Daging udlhiyah
itu tidak boleh diberikan sebagai upah kepada yang menyembelih. Di dalam hadits
disebutkan :
عَنْ عَلِيّ
بْنِ اَبِى
طَالِبٍ رض
قَالَ: اَمَرَنِى
رَسُوْلُ
اللهِ ص اَنْ
اَقُوْمَ عَلَى
بُدْنِهِ وَ
اَنْ
اُقَسّمَ
لُحُوْمَهَا وَ
جُلُوْدَهَا
وَ
جِلاَلهَاَ
عَلَى اْلمَسَاكِيْنِ
وَ لاَ
اُعْطِيَ
فِىْ
جَزَارَتِهَا
شَيْئًا
مِنْهَا. البخارى و
مسلم، فى بلوغ
المرام، رقم 1379
Dari Ali bin Abi
Thalib RA, ia berkata, "Saya diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk
mengurus qurban-qurban dan supaya saya bagikan daging, kulitnya dan pelananya
kepada faqir miskin, dan tidak (boleh) saya memberikan sesuatu sebagai upah
dari padanya untuk orang yang menyembelih". [HR. Bukhari dan
Muslim, dalam Bulughul Maram, no. 1379].
6. Larangan
menjual daging Udlhiyah
عَنْ
قَتَادَةَ
بْنِ
النُّعْمَانِ
اَنَّ النَّبِيَّ
ص قَالَ: لاَ
تَبِيْعُوْا
لُحُوْمَ
اْلهَدْيِ وَ
اْلاَضَاحِى
فَكُلُوْا وَ تَصَدَّقُوْا
وَ
اسْتَمْتِعُوْا
بِجُلُوْدِهَا
وَ لاَ
تَبِيْعُوْهَا،
وَ اِنْ
اُطْعِمْتُمْ
مِنْ
لَحْمِهَا
فَكُلُوْا
اِنْ شِئْتُمْ.
احمد 5: 478، رقم: 16211
Dari Qatadah bin
Nu’man, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian menjual daging-daging Hadyi
(denda hajji) dan daging udlhiyah (qurban), makanlah dan sedeqahkanlah dan
manfaatkanlah kulitnya, dan janganlah kalian menjualnya. Dan apabila kalian
diberi dagingnya, maka makanlah jika kalian mau”. [HR. Ahmad 5 : 478, no. 16211]
7. Orang yang akan berqurban
dilarang memotong rambut dan kukunya
عَنْ اُمّ
سَلَمَةَ
اَنَّ
النَّبِيَّ ص
قَالَ: اِذَا
رَأَيْتُمْ
هِلاَلَ ذِى
اْلحِجَّةِ
وَ اَرَادَ
اَحَدُكُمْ
اَنْ
يُضَحّيَ
فَلْيُمْسِكْ
عَنْ
شَعْرِهِ وَ
اَظْفَارِهِ. مسلم 3: 1565
Dari
Ummu Salamah, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Apabila
kalian sudah melihat hilal bulan Dzulhijjah, dan seseorang diantara kalian
ingin berqurban, maka hendaklah ia menahan rambut dan kukunya”. [HR. Muslim juz 3,
hal. 1565]
~oO[ @ ]Oo~
Perbedaan pendapat
tentang hari penyembelihan
Tentang hari
penyembelihan qurban, di kalangan ‘ulama terjadi
perbedaan pendapat. Hal ini karena tidak adanya nash yang jelas, baik di dalam
Al-Qur’an maupun dari hadits yang shahih.
Pendapat para ‘ulama tersebut sebagai berikut :
1. Hari penyembelihan adalah 1 hari (tanggal
10 Dzulhijjah).
Diriwayatkan dari Ibnu Sirin, bahwasanya ia berkata, “Al-Adlhaa (hari penyembelihan) adalah satu
hari, yaitu hari Nahr, hari tanggal 10 bulan Dzulhijjah. [Al-Istidzkaar juz 15,
hal. 200, no. 21579]
2. Hari
penyembelihan di kota-kota adalah 1 hari, sedangkan di Mina selama 3 hari.
Dari Sa’id bin Jubair dan Jabir bin Zaid, bahwasanya keduanya
berkata, “An-Nahr (hari penyembelihan) di kota-kota
adalah satu hari, sedangkan di Mina selama tiga hari. [Al-Istidzkaar juz 15,
hal. 201, no. 21580; Al-Mughni juz 3, hal. 454]
Catatan :
Imam Ibnu ‘Abdil Barr
(penyusun Kitab Al-Istidzkaar, wafat tahun 463 H) dan Imam Ibnu Qudamah
(penyusun Kitab Al-Mughni, wafat tahun 630 H) menyebutkan riwayat dari Sa’id bin Jubair dan Jabir bin Zaid sebagaimana
tersebut di atas. Namun Imam Asy-Syaukaniy (penyusun Kitab Nailul Authaar,
wafat tahun 1250 H) menyebutkan riwayat Sa’id bin Jubair dan
Jabir bin Zaid sebagai berikut : Berkata Sa’id bin Jubair dan
Jabir bin Zaid : Sesungguhnya waktunya (penyembelihan) adalah hari Nahr saja
untuk penduduk kota-kota, dan hari-hari tasyriq untuk penduduk desa-desa.
(lihat Nailul Authaar juz 5, hal. 142).
3. Hari
penyembelihan adalah selama bulan Dzulhijjah.
Imam Al-Qadli ‘Iyaadl menyebutkan dari sebagian ‘ulama bahwa waktunya penyembelihan adalah selama
dalam bulan Dzulhijjah. [Nailul Authaar juz 5, hal. 142]
4. Hari
penyembelihan adalah 3 hari (tanggal 10, 11 dan 12 Dzulhijjah)
Imam Malik, Abu Hanifah, Ats-Tsauriy (dan
shahabat-shahabatnya) berpendapat, Al-Adlha (hari penyembelihan) adalah tiga
hari, yaitu Nahr dan dua hari sesudahnya. Dan berpendapat seperti itu pula Imam
Ahmad bin Hanbal.
Imam Ahmad berkata, “Hari
penyembelihan adalah tiga hari. Hari Nahr dan dua hari sesudahnya (berdasarkan
bukan hanya dari seorang saja dari shahabat Nabi SAW). [Al-Istidzkaar juz 15,
hal. 201, no. 21581-21583]
5. Hari penyembelihan adalah
4 hari (tgl 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah)
Al-Auza’iy, Imam Syafi’iy dan shahabat-shahabatnya berkata, “Hari penyembelihan adalah empat hari, yaitu
hari Nahr dan hari-hari tasyriq semunya, yaitu tiga hari sesudah hari Nahr.
Dan itu juga merupakan pendapatnya Ibnu Syihab Az-Zuhriy, ‘Atha’ dan Al-Hasan. [Al-istidzkaar juz 15, hal.
202, no. 21586-21587]
Demikianlah
pendapat para ‘ulama tentang hari penyembelihan qurban.
Walloohu a’lam.
Keterangan :
Pendapat yang mengatakan bahwa
hari penyembelihan itu selama 4 hari (hari Nahr dan hari-hari tasyriq beralasan
dengan hadits sebagai berikut :
Berdasar riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa dari
Jubair Ibnu Muth'im bahwa Nabi SAW bersabda :
كُلُّ
اَيَّامِ
التَّشْرِيْقِ
ذَبْحٌ. احمد 5: 618،
رقم: 16751
Setiap hari
Tasyriq itu adalah hari menyembelih. [HR.Ahmad juz 5, hal. 618, no. 16751]
Dan riwayat lain dari Ali RA yang semakna dengan
yang tersebut diatas sebagai berikut :
اَيَّامُ
النَّحْرِ
يَوْمُ اْلاَضْحَى
وَ ثَلاَثَةُ
اَيَّامٍ
بَعْدَهُ. فى نيل
الاوطار 5: 142
Hari menyembelih
itu ialah Hari Raya 'Iedul Adlha dan tiga hari sesudahnya. [Dalam Nailul
Authar juz 5, hal. 142]
Tetapi hadits
riwayat Ahmad tersebut munqathi’, karena Sulaiman
bin Musa tidak bertemu dengan Jubair bin Muth’im. Lagi pula
Sulaiman bin Musa diperselisihkan tentang tsiqatnya.
Tentang Sulaiman
bin Musa ini penjelasannya sebagai berikut :
Sulaiman bin Musa Al-Qurasyiy Al-Umawiy Al-Asydaq,
ahli fiqhnya penduduk Syam pada zamannya, dan disepakati oleh para ‘ulama bahwasanya ia adalah seorang paling
pandai dari penduduk Syam setelah Makhuul, Ibnu Ma’in menganggapnya tsabit, begitu pula Ibnu
Hibban dan Adz-Dzahabiy, tetapi Bukhari berkata, “Padanya ada hadits-hadits munkar”. An-Nasaa’iy berkata, “Ia adalah seorang ahli fiqh, tetapi tidak
kuat dalam hadits. Ibnu ‘Adiy
meletakkan permasalahannya, ia berkata, “Dia adalah seorang ahli fiqh, seorang perawi,
menceritakan dari nya orang-orang tsiqat, dan dia merupakan ‘ulama ahli Syam, tetapi dia telah
meriwayatkan hadits-hadits yang bersendirian dengan riwayat itu yang tidak
diriwayatkan oleh lainnya. Dan dia menurutku, tsabit shaduuq (bisa dipercaya
dan jujur). [Tentang Sulaiman bin Musa, bisa dibaca pada Tahdzibul Tahdzib juz
4, hal. 197, no. 387; Sairu a’laamin
nubalaa’ juz 5, hal. 433, no. 193].
Abu ‘Umar (Ibnu ‘Abdil Barr] berkata : Hujjah (alasan) bagi
orang yang berpendapat dengan pendapat ini adalah hadits dari Jubair bin Muth’im, dari Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda,
“Setiap tempat di Makkah adalah tempat
menyembelih, dan semua hari-hari tasyriq adalah (waktu) penyembelihan. Hadits
ini diriwayatkan dari Sulaiman bin Musa, dari Ibnu Abi Husein, dari Nafi’ bin Jubair (bin Muth’im dari ayahnya), dan diriwayatkan darinya
secara munqathi’ dan muttashil.
Hadits itu juga menjadi goncang (muththarib)
dikarenakan tentang Ibnu Abi Husein dan Sulaiman bin Musa, meskipun beliau
salah seorang Imam penduduk Syam tentang ‘ilmu, tetapi menurut mereka beliau buruk
hafalannya.
Oleh karena itu terkadang dikatakan darinya
(Sulaiman bin Musa), dari ‘Abdur
Rahman bin Abi Husein, dari Nafi’
bin Jubair bin Muth’im,
dan terkadang Nafi’
bin Jubair tidak disebutkan. [Al-Istidzkaar juz 15, hal. 203, no. 21604-21607]
Ibnu ‘Abdil Barr juga berkata : Tidak benar menurut saya tentang masalah ini
melainkan dua pendapat.
Pertama, pedapatnya Imam Malik dan penduduk Kuufah, yaitu hari penyembelihan
adalah pada hari Nahr dan dua hari sesudahnya.
Kedua, pendapatnya Imam Syafi’iy
dan penduduk Syam, hari penyembelihan adalah pada hari Nahr dan tiga hari
sesudahnya.
Dan inilah dua pendapat yang telah diriwayatkan dari beberapa orang dari
(shahabat Nabi SAW).
Dan tidak ada perbedaan dari seorangpun dari
para shahabat yang menyelisihi dari dua pendapat ini, maka tidak ada artinya
kita sibuk dengan pendapat-pendapat
yang menyelisihi dari kedua pendapat (shahabat) tersebut, karena apa yang
menyelisihi dari kedua pendapat itu tidak ada asalnya di dalam sunnah, dan
bukan pula pendapat shahabat, dan apa yang keluar dari kedua pendapat ini
haruslah ditinggalkan (karena adanya dua pendapat tersebut). [Al-Istidzkaar juz
15, hal. 205, no. 21609-21613] Walloohu ‘alam.
Catatan :
Pendapat para shahabat tersebut sebagai
berikut :
Abu Hurairah dan Anas bin Maalik,
diriwayatkan pendapatnya, hari penyembelihan adalah 3 hari.
Abu Sa’id Al-Khudriy, diriwayatkan pendapatnya, hari
penyembelihan adalah 4 hari.
Sedangkan ‘Aliy bin Abu Thalib, Ibnu ‘Abbas dan Ibnu ‘Umar, ada diriwayatkan mereka itu pendapatnya
3 hari, dan ada pula diriwayatkan pendapat mereka itu 4 hari. Walloohu a’lam.
~oO[ @ ]Oo~
Tentang Takbir setelah shalat wajib di hari tasyriq
عَنْ
جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللهِ
قَالَ: كَانَ
رَسُوْلُ
اللهِ
ص يُكَبّرُ
فِي صَلاَةِ
اْلفَجْرِ
يَوْمَ
عَرَفَةَ
اِلىَ
صَلاَةِ
اْلعَصْرِ
مِنْ آخِرِ
اَيَّامِ
التَّشْرِيْقِ
حِيْنَ
يُسَلّمُ
مِنَ اْلمَكْتُوْبَاتِ.
الدارقطنى
2: 49
Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata
: Dahulu Rasulullah SAW bertakbir pada shalat Shubuh hari ‘Arafah (tgl. 9
Dzulhijjah) sampai pada shalat ‘Ashar akhir hari tasyriq setelah salam
dari shalat-shalat wajib.
[HR. Daruquthni juz 2, hal. 49, no. 27, dla’if, karena dalam sanadnya ada
perawi bernama ‘Amr bin Syamir]
0 komentar:
Posting Komentar